1. Sosialisasi
adalah proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang berpartisipasi di
dalam masyarkat. Merupakan pengertian dari.....
a. Soerjono
Soekanto
b. Robert
M.Z Lawang
c. Peter
L Berger*
d. Selo
Soemardjan
e. Bruce
J Cohen
2. Tahapan
sosialisasi dimana individu sudah pandai memainkan peranan tertentu di
masyarakat disebut.....
a. Play
stage
b. Game
stage
c. Interaction
stage
d. Preparatory
stage
e. Generalized
others*
3. Mudah
tersinggung dan sulit mengendalikan emosi merupakan salah satu bentuk
kepribadian pada masa.....
a. Anak-anak
balita
b. Dewasa
c. Lanjut
usia
d. Berkeluarga
e. Remaja*
4. Faktor
yang menjadi dasar kepribadian seseorang untuk bersikap selektif terhadap
pengaruh lingkungan adalah..........
a. Sifat
dasar
b. Limgkugan
pranatal
c. Motivasi
d. Lingkungan
e. Perbedaan
individual
5. Lingkungan
sekolah merupakan salah satu media sosialisasi karena.......
a. Tempat
pertemuan anak
b. Lembaga
sosial
c. Memiliki
berbagai fasilitas pendidikan
d. Menyalurkan
berbagai nilai dan norma sosial
e. Penggantian
peranan keluarga
6. Contoh
sosialisasi sekunder yang dilakukan secara formal adalah.....
a. Masyarakat
b. Lingkungan
bermain
c. Media
masa
d. Lingkungan
kerja
e. Lingkungan
sekolah
7. Sasaran
utama yang ingin dicapai dalam sosialisasi primer adalah.........
a. Memenuhi
kebutuhan anak
b. Menanamkan
nilai dan norma
c. Melakukan
pengawasan sosial
d. Mencegah
perilaku negatif
e. Memberi
kasih sayang
8. Sosialisasi
yang menekankan penggunaan hukuman terhadap kesalahan adalah.......
a. Primer
b. Partisipatoris
c. Represif
d. Preventif
e. Inkulturasi
9. Perilaku
menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku
dalam suatu sistem sosial. Pengertiaan tersebut merupakan pengertian dari......
a. Soerjono
Soekanto
b. Selo
Soemardjan
c. Robert
M.Z Lawang*
d. Korblum
e. Tuti
Budi Rahayu
10. Akibat
dari perceraian kedua orangtuanya akan menyebabkan seorang remaja kehilangan panutan
dan akan bersifat nakal. Terjadinya perilaku menyimpang dilatarbelakangi oleh
faktor........
a. Kurangnya
pengawasan sekolah
b. Lemahnya
sanksi bagi pelanggara
c. Masuknya
unsur budaya asing
d. Proses
sosialisasi yang tidak sempurna
e. Adanya
sub budaya yang menyimpang
11. Seseorang
yang berperilaku menyimpang akan cenderung memasuki kelompok sub kebudayaan
menyimpang karena.......
a. Disenangi
oleh pelaku
b. Tidak
diterima oleh masyarakat umum
c. Kurang
sempurna*
d. Diterima
oleh masyarakat
e. Hanya
menyenangkan orang lain
12. Salah
satu contoh perilaku menyimpang sekunder adalah........
a. Pengemudi
yang ngebut
b. Melakukan
unjuk rasa
c. Manipulasi
pajak kekayaan
d. Terlibat
perjudian*
e. Merampok
dan membunuh
13. Tindakan
kolusi dan korupsi merupakan tipe perilaku menyimpang........
a. Primer-kelompok
b. Individual-kelompok
c. Primer-individual
d. Positif-sekunder
e. Sekunder-individual*
14. Penggelapan
uang atau korupsi merupakan tindak kejahatan........
a. crime
without victim
b. organized
crime
c. white
collar crime*
d. black
collar crime
e. corporate
crime
15. Tindakan
penggelapan uang negara, memberi sogokan untuk menjadi polisi, maraknya
perjudian, dan lain sebagainya merupakan kebiasaan bagi kelompok tertentu.
Tetapi bagi masyarakat luas tindakan tersebut dianggap tercela. Contoh kasus di
atas merupakan akibat adanya........
a. Perubahan
pola kehidupan modern
b. Penyimpangan
sosial secara individual
c. Destrukturisasi
pola kehidupan
d. Penyimpangan
karena sosialisasi
e. Sosialisasi
yang tidak sempurna
16. Pengendalian
sosial diartikan sebagai berbagai cara yang digunakan masyarakat untuk
menertibkan anggota yang membangkang. Merupakan pengertian dari........
a. Robert
M.Z Lawang
b. Peter
L Berger*
c. Soerjono
Soekanto
d. Selo
Soemardjan
e. Bruce
J Cohen
17. Siswa
yang melanggar tata tertib sekolah sebaiknya diberi tindakan........
a. Represif
b. Rehabilitas
c. Persuasive
d. Preventif
e. dekadensi
18. Bentuk
pengendalian yang paling efektif antara lain melalui lembaga pendidikan formal
atau sekolah, karena........
a. Dapat
menyampaikan peranan orang tua
b. Dapat
bertindak tanpa campur tangan orang tua
c. Sanksi
tegas jika melakukan perlawanan
d. Disosialisasikan
secara bertahap dan sistematis
e. Sekolah
adalah lembaga yang independen
19. Tujuan
pengendalian sosial dapat tercapai antara lain dengan cara.......
a. Intimidasi
b. Sosialisasi
c. Enkulturasi
d. Akulturasi
e. Internalisasi
20. Pengendalian
sosial dengan cara minta bantuan kepada orang lain yang dapat dianggap mampu
mengatasi masalah disebut dengan istilah.......
a. Ostrasisme
b. Fraundulens
c. Intimidasi
d. Provokasi
e. Kolaborasi*
21. Segi
positif dari gosip sebagai pengendalian sosial adalah.......
a. Membentuk
kepribadian yang baik
b. Menghilangkan
prasangka buruk
c. Memudahkan
memutuskan perkara
d. Menyadarkan
pelaku pelanggaran*
e. Memudahkan
penyelidikan perkara
22. Adat
merupakan pranata yang berperan dalam pengendalian sosial, sebab adat sebagai
pranata yang berisi......
a. Kebiasaan
b. Kebudayaan
c. Adat*
d. Nilai
dan norma
e. Tata
kelakuan
23. Seorang
remaja terbukti menggunakan dan mengedarkan obat terlarang atau narkoba, hal
ini diketahui oleh tetangganya dan melaporkannya kepada polisi. Dari kasus
tersebut peran polisi dalam pengendalian sosial adalah......
a. Menangkap
dan menasehati pelaku tindak kejahatan
b. Menjaga
keamanan dan menyidik perkara pidana
c. Mengusut,
mengambil barang bukti dan memberi sanksi*
d. Menjaga
ketertiban dan memberi sanksi
e. Menangkap
dan memberi sanksi kurungan
24.
0 komentar:
Posting Komentar